Tiket Umroh Murah Ala Backpacker – Dapat beribadah umroh apalagi dengan harga yang murah merupakan dambaan sebagian besar setiap umat muslim. Ada beberapa cara legal untuk dapat beribadah umroh dengan harga murah, salah satu nya dengan cara Umroh Backpacker

Banyak yang beranggapan umroh backpacker adalah sebuah perjalanan yang menyiksa diri, dengan segala aktifitas yang ribet dan menyusahkan. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

 

Umroh Murah Backpacker-Tiket Umroh

 

Umroh Backpacker sendiri lebih bisa diartikan dimana Anda dapat menentukan transportasi dan akomodasi sesuai budget. Salah satu yang harus diperhatikan adalah Tiket umroh

Tiket umroh memakan porsi biaya yang cukup besar dari perjalanan ibadah umroh itu sendiri. Setidaknya dalam faktor penentu biaya umroh, tiket penerbangan umroh berpengaruh terhadap 60 persen biaya.

Salah satu langkah nyata untuk lebih menghemat budget perjalanan umroh adalah tiket umroh. Berikut kami jabarkan 4 tips untuk mendapatkan Tiket Umroh Murah ala Backpacker.

 

  1. Rajin Mencari Tiket Promo via Online

Kenapa tiket pesawat murah banyak dijual secara online? Sebab, harganya lebih miring daripada tiket normal atau yang dijual melalui biro-biro perjalanan. Kenapa itu terjadi?

Karena “travel agent online”, begitu banyak orang menyebutnya, melakukan berbagai cara untuk menekan biaya. Termasuk adanya potongan harga yang tidak kita dapatkan bila membeli secara offline di maskapai penerbangan.

Terkadang, mereka hanya menjual sedikit di atas seharga pajak dan bahan bakarnya saja. Karena itu, biasanya tiket promo tidak termasuk bagasi, makan, atau pelayanan full service lain nya.

Namun Maskapai penerbangan tidak mengeluarkan tiket promo dalam jumlah besar. Biasanya mereka memberikan porsi FIT hanya sebagian kecil, kemudian sisanya dijual kepada Group atau dengan harga normal.

FIT sendiri diartikan sebagai Free Independent Traveler atau Free Independent Tourist, dimana mereka melakukan perjalanan secara individual atau group kecil dibawah 10 orang. Mereka melakukan perjalanan ibadah umroh dengan layanan self-booked itinerary.

Biasa nya travel agent online memberikan barcode atau kode booking melalui email sebagai bukti pembayaran. Nantinya kode ini dapat ditukarkan dengan  boarding pass pada saat chek in baik di counter chek in maupun di cetak sendiri.

Untuk pencarian tiket umroh online, anda bisa menggunakan webssite semacam traveloka maupun skyscanner. Kedua situs itu didedikasikan untuk membantu konsumen maskapai penerbangan di Indonesia dan kawasan lainnya.

Bagi yang ingin mencari tiket penerbangan domestik, informasi yang ditampilkan kedua online travel agent juga sangat lengkap. Anda bisa mendapatkan informasi harga tiket Garuda Indonesia,Citilink, Sriwijaya Air,Lion Air dan Air Asia. Pokoknya, sangat lengkap.

Online travel agent memberikan informasi yang lebih lengkap. Harga yang  ditampilkan merupakan kompilasi dari beberapa maskapai penerbangan yang memiliki rute penerbangan umroh. Jadi, kita bisa memilih harga yang paling murah.

Selain menampilkan informasi harga, disertakan pula informasi penting lainnya seperti berat bagasi yang bisa dibawa penumpang, durasi penerbangan, waktu keberangkatan, bahkan ada saran rute alternatif sehingga kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah

 

  1. Booking Penerbangan Mulai Pukul 00:00 – 08:00

Bagi jamaah umroh yang sudah biasa melakukan perjalanan harus membooking penerbangan sebelum membeli tiket pesawat. Booking memiliki batas waktu yang mengharuskan penumpang untuk mengambil atau tidak tiket yang sudah di-booking tersebut.

Bagi penumpang yang biasa melakukan perjalanan harus membooking penerbagnan sebelum membeli tiket pesawat. Booking memiliki batas waktu yang mengharuskan penumpang untuk mengambil atau tidak tiket yang sudah dibooking tersebut.

Jika booking tersebut tidak diambil maka secara otomatis akan kembali terbuka untuk diambil penumpang lainnya. Artinya, harga yang lebih murah yang sudah tertutup akan kembali terbuka, dan biasanya batas waktu booking adalah pada tengah malam sampai dini hari.

Dan, pada masa-masa itu, tidak banyak travel agent atau calon penumpang yang melakukan pembelian atau issued tiket umroh.

Jadi, bersiaplah begadang atau bangun lebih awal untuk mendapatkan tiket umroh termurah. atau Anda dapat memasang pengingat yang ada di aplikasi online travel agent

Selain itu, sebagai tambahan, hindari peak season atau musim puncak liburan seperti desember-januari atau juli-agustus, sebab harga tiket pesawat pasti mahal.

 

 

Travel Umroh Online - Semarang

 

  1. Pilih Penerbangan Low Cost Airline

setelah kita tahu da nmemutusakn penerbangan akan dimulai darimana, maka langkah selanjutnya adalah memilih maskapai yang low cost carrier seperti Air Asia, Lion Air, Tiger Air dan sebagainya.

Walaupun jarak Jakarta – Jeddah 9 kali lebih jauh dibanding Jakarta – Surabaya, tapi kita masih bisa menggunakan low cost airline. Tetapi, kita harus transit dan sambung-menyambung. Nah, yang menjadi pertanyaan kita adalah hendak menyambung dimana?

Kalau kita melihat peta dunia, ternyata pas di tengah-tengah rute jakarta-Jeddah, kita melewati negara besar yang namanya India. Dan, ternyata, banyak budget airlines yang berasal dari India, misalnya indigo. Bahkan ada juga buget airline yang berbasis di Singapura dan Kuala Lumpur pemilik destinasi India. Seperti Air Asia, Scoot, dan Silk Air.

Hebatnya lagi, airline itu mempunyai tujuan ke kota-kota Indonesia. Jadi, kita tidak perlu terlalu banyak ganti airline untuk sampai di India, cukup booking di satu Online Travel Agent untuk sampai ke sana.

Setelah sampai di India , banyak low cost carrier asal Timur Tengah yang bisa kita tumpangi, seperti Fly Dubai, Air Arabia, Nas Air, dan lain-lain, yang harganya lebih murah.

Hanya saja kekurangan sambung-menyambung ini menimbulkan kerepotan sendiri, terutama ketika flight-nya tidak langsung. Maka, kita harus transit dengan masa transit yang cukup lama.

Namun setidaknya bisa menambah pengalaman yang kita dapat. Kita bisa mengunjungi negara lain, meskipun hanya dibandaranya saja. Kecuali, negara tersebut merupakan negara bebas visa bagi pemilik paspor Indonesia.

Jika ada yang bertanya, berapa yang bisa kita hemat dengan perjuangan itu? Jawabannya adalah antara $200-300, sekitar Rp 3 – 4 juta per jamaah. Agak lumayan, apalagi jika kita berangkat umroh tidak sendirian

 

  1. Pilihan Tanpa Berpindah Maskapai

Jika Anda merasa takut atau aneh mendengar nama maskapai diatas, ada baiknya menggunakan maskapai penerbangan umroh murah yang memiliki rute dari Jakarta maupun kota besar lain di Indonesia.

Air Asia, Scoot dan Sri Langkan adalah maskapai yang memiliki harga tiket murah jika anda  memutuskan berangkat umroh tanpa berpindah maskapai.

Masing – masing maskapai harus transit di Negara Asal nya dengan durasi yang berbeda – beda. Scoot (TR) di Singapura, Air Asia (D7) di dan Sri Lankan (UL) di Colombo. Harga termurah yang bisa dibeli untuk tiket umroh pada 2018 Cuma Rp 7 – 9 juta pulang -pergi.

Bandingkan dengan tiket yang biasa dipakai travel umroh lainnya, yang berada di kisaran 11 – 13 jutaan rupiah.

Untuk maskapai Sri Langkan  jamaah masih harus transit sekitar 21 jam di Colombo. Tapi, jika memang niatnya ibadah, menunggu 21 jam bukan masalah, terlebih kita bisa jalan – jalan dan menginap gratis di Colombo.

Itulah beberapa trik yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah dan tiket murah promo. Adapun yang perlu diketahui adalah bahwa tiket promo sifatnya tidak pasti. Jadi, jangan bosan-bosan mencari promo.

Ada juga maskapai yang tidak menjual tiketnya untuk penerbangan umroh secara eceran, atau FIT. Karena system charter, seperti beberapa maskapai dalam  Penerbangan Umroh dari Solo tujuan Jeddah maupun Madinah.