5 Faktor Penentu Biaya Umroh

Semakin lamanya daftar tunggu haji di Indonesia hingga lebih dari 12 tahun membuat semakin banyak jamaah yang menginginkan menunaikan ibadah umroh terlebih dahulu.  Tak ayal persaingan antar biro pun semakin kompetitif. Calon jamaah umroh dan Haji pun menjadi semakin banyak mendapat pilihan baik dari segi pelayanan maupun Biaya Umroh.

biaya umroh

 

Tak dapat dipungkiri ada beberapa “oknum” biro umroh banyak yang lebih mengedapan aspek bisnis. Utamanya penunjang umroh ketimbang aspek ibadah nya sendiri. Na’udzubillah…

Biaya Umroh merupakan suatu hal yang banyak dipertanyakan oleh jamaah umroh. Ada biro umroh yang mematok tarif  mahal dan ada yang murah, meskipun bersifat relatif. Untuk mengetahui komponen yang menentukan penetapan Biaya Umroh, diperlukan transparansi perhitungan oleh biro maupun travel umroh.

Perbedaan dalam penetapan Biaya Umroh ini memang sangat variatif. Setidaknya terdapat 4 parameter dalam menentukan Biaya Umroh. Parameter ini mudah – mudahkan dapat membantu para calon jamaah umroh yang tergiur dengan harga yang sangat murah, namun apabila tidak berhati – hati akan terjebak dalam penipuan berkedok umroh. Keempat parameter tersebut yaitu :

 

  1. Maskapai Penerbangan yang digunakan

Komponen harga tiket pesawat merupakan komponen biaya yang terbesar dalam penentuan Biaya Umroh. Sekitar 60-70 persen komponen biaya yang dikeluarkan oleh   jamaah umroh dipergunakan untuk membayar tiket pesawat.  Pesawat dengan penerbangan langsung diantaranya Garuda Indonesia, Saudi Arabian Airlines, Lion Air dan Citilink.

Dengan harga yang “relatif (walaupun tidak selalu) lebih tinggi, Garuda Indonesia dan Saudi Arabian menawarkan kenyamanan direct flight (penerbangan langsung) dengan layanan full service. Harga tiket pesawat ini bervariasi antara USD 1,100 hingga USD 1,500 untuk sekali perjalanan pulang pergi.

Maskapai berbiaya rendah yang turut mebuka rute penerbangan umroh langsung adalah  Lion Air dan Citilink. Kini jamaah umroh juga semaiki dimudahkan dengan konektivitas ke bandara daerah. Bahkan ke empat maskapai ini juga telah membuka rute dari daerah langsung menuju bandara di Saudi arabia.

umroh garuda indonesia

Untuk lebih menghemat komponen Biaya Umroh, banyak biro perjalanan memanfaatkan maskapai penerbangan yang melakukan perjalanan Jakarta – Jeddah melalui transit di negara ke tiga terlebih dahulu.

Beberapa maskapai yang menawarkan penerbangan tidak langsung ini diantaranya Emirates (Dubai), Etihad (Abu Dhabi),  Oman Air (Oman), Air Asia (Kuala Lumpur), Turkish Airways (Turkey), Malaysia Airlines (Malaysia), Scoot (Singapore), Royal Brunei, Sri Lanka, dll.

Harga tiket untuk masing – masing maskapai bervariasi antara USD 750 hingga USD 1,200 dengan lama waktu transit antara 2 hingga 14 jam di Bandara.

 

  1. Hotel dan Akomodasi

Baik Hotel maupun Penginapan tentunya sangat berpengaruh terhadap  Biaya Umroh. Hotel yang banyak ditawarkan dalam paket umroh oleh travel umroh dan haji biasanya mulai dari Hotel Bintang 3, Bintang 4, Bintang 5. harganya pun bervariasi.

Penentuan tingkat bintang sebuah hotel di kota Mekkah al Mukarramah  bukan ditentukan oleh faktor fasilitas semata (mewahnya kamar, fasilitas bar, pub, kolam renang, dll). Namun penentuan nya diidentikan dengan jarak dari Hotel ke Masjid.

Semakin tinggi kategori bintang identik dengan jarak Ke Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi serta sudah barang tentu akan mempengaruhi harga nya.

Seiring dengan perluasan Masjidil Haram, banyak terjadi penggusuran di bebebrapa hotel dan apartemen di dekat Masjidil Haram, sementara jumlah permintaan kamar untuk jamaah umroh semakin meningkat. Hukum ekonomi supply and demand pun berlaku, sehingga berakibat pada kenaikan harga di beberapa hotel di dekat Masjidil Haram.

biaya umroh hotel dekat

Untuk hotel berbintang 5, Mekkah Pullman Zam – Zam contohnya, harganya berkisar diatas SAR 700/malam/kamar. Sementara hotel berbintang 3 di area Misfalah dan ajyad, berkisar SAR 200 hingga SAR 300/malam/kamar. Jumlah ini pun bergantung pada jumlah jamaah dalam satu kamar, atau untuk mudahnya, harga perkamar dibagi oleh berapa jamaah di dalamnya

Jumlah jamaah dalam satu kamar (berdua/paket double, bertiga/triple atau berempat/quard) dalam satu kamar pun menentukan dalam Biaya Umroh yang akan dipilih oleh jamaah. Semakin banyak isi jamaah dalam satu kamar , maka akan semakin murah.

Akomodasi lain yang tak kalah pentingnya adalah layanan catering. Untuk satu kali makan prasmanan dengan menu masakan Indonesia, pihak catering menetapkan besaran antara 10 hingga 30 SAR per jamaah. Layaknya di Indonesia, jumlah menu makanan yang disajikan dan jumlah jamaah dalam sebuah rombongan umroh pun akan mempengaruhi jumlah yang harus dibayarkan oleh pihak travel umroh.

Namun bagi Anda yang melakukan umroh mandiri maupun umroh backpacker, banyak tersedia warung makan dengan menu masakan Indonesia maupun menu masakan timur tengah di sekitar Masjid dengan harga yang relatif sama.

  1. Jumlah Hari

Tentu saja jika dengan fasilitas hotel dan akomodasi yang sama, namun semakin lama masa tinggalnya maka Biaya Umroh yang dikenankan pun akan bertambah mahal. Masing – masing travel umroh memliki Durasi atau masa tinggal sendiri – sendiri, biro umroh standar nya menetapkan paket umroh 9 hari. Namun ada pula travel yang memiliki paket 11, 12 hingga 14 hari dan umroh plus negara ketiga. Tentu nya dengan tambahan biaya.

Bulan yang dipilih pun menjadi salah satu penyebab ditetapkannya Biaya Umroh. Pada bulan awal musim Umroh dibuka, biasanya relatif lebih murah. Dan semakin mendekati ramadhan maka akan semakin mahal. Masa peak sesason untuk musim umroh adalah pada saat bulan Ramadhan

 

  1. Muthawif dan Bus

 

Faktor penentu Biaya Umroh yang harus diperhatikan oleh calon jamaah umroh adalah bus dan muthawif atau pembimbing ibadah. Sewa bus atau van dipergunakan untuk ziarah maupun city tour seputar kota Jeddah, Mekkah dan Madinah dan layanan dari dan menuju bandara. Untuk bus berkapasitas 30 – 40 jamaah biaya sewa bus berkisar antara SAR 3000

bus jamaah umroh

Keberadaan muthawif sebagai pembimbing ibadah juga tak kalah penting, utamanya bagi mereka yang baru pertama kali melaksanakan ibadah umroh. Biasanya, muthawif adalah mukimin yang telah lama tinggal di Saudi Arabia, sehingga mereka umumnya telah sangat berpengalaman. Keberadaan mereka selain sebagai pembimbing ibadah juga berperan sebagai “jembatan” atas perbedaan bahasa dan budaya.

 

  1. Perlengkapan, Handling dan Visa Umroh

 

Beberapa faktor pendukung penetapan Biaya Umroh diluar ibadah antara lain Airport handling, penerbangan dari dan menuju ke Bandara, visa umroh, dan perlengkapan.

Sementara visa umroh meskipun oleh Kedutaan Saudi diberikan secara Cuma – Cuma, untuk mereka yang baru pertama kali melaksanakan ibadah umroh. Namun karena biaya investasi dan maintenance yang tinggi, maka biasanya pihak travel agent mematok tarif antara USD 60  – USD 100 / jamaah.

 

paspor umroh

Dan sesuai ketentuan dari kementrian haji Saudi Arabia, visa umroh tidak dapat diurus sendiri oleh jamaah umroh. Atau dengan kata lain harus melalui agent travel pemegang lisensi.

Perlengkapan umroh yang mempengaruhi penetapan Biaya Umroh. Perlengkapan tas troley, tas kecil, mukena, bargo, ihram, buku do’a dan biaya manasik umroh. Perlengkapan umroh ini pun bergantung pada kualitas bahan baku dan kenyamanan.

Dari beberapa komponen tersebut, Travel umroh membuat paket umroh dengan mengkombinasikan ke empat hal tersebut. Jadi sudah barang tentu akan melahirkan paket umroh murah hingga yang paling mahal.

Ini semua kembali kepada kita sebagai Jamaah. Di sesuaikan dengan keinginan jamaah sendiri. Namun yang perlu diingat adalah uang yang kita keluarkan Tanah Suci itu adalah semata untuk Beribadah. Bukan untuk sombong apalagi riya’ (pamer).

Sebanyak apapun uang yang kita keluarkan di jalan Allah, yakinlah bahwa ALLAH akan menggantinya dengan yang lebih banyak. Dan tentunya berkah.