5 Penyebab Gagal Berangkat Umroh

 

Gagal berangkat menunaikan ibadah umroh merupakan kejadian yang semakin sering kita dengar akhir akhir ini. Ditengah meningkatkan permintaan calon jamaah akan PAKET UMROH MURAH  hingga 1 juta jamaah umroh setiap tahun nya.

Kejadian ini merupakan puncak hal terburuk yang mungkin saja dapat dialami maupun siap menghatui bagi setiap  calon jamaah. Kejadian ini tentu saja sangat tidak diharapkan oleh setiap calon jamaah umroh

 

 

gagal berangkat umroh

 

Gagal nya biro penyelenggara umroh untuk memberangkatkan calon jamaah nya adalah merupakan pil pahit sekaligus kesalahan fatal yang mungkin saja harus ditebus mahal dengan nama baik dari biro itu sendiri.

Nama baik dan brand image yang telah dibangun bertahun – tahun bisa saja dipertaruhkan oleh biro travel apabila gagal memberangkatkan jamaah umrohnya.

Tak cukup disitu saja, kerugian finansial dan rasa malu akan dirasakan calon jamaah umroh yang gagal berangkat umroh. Risiko tersebut bisa saja dihindari, asalkan pihak biro penyelenggara umroh sejak semula bersikap terbuka dan komunikatif terhadap segala permasalahan.

Baik yang bersifat intern maupun ekstern yang dihadapi kepada jamaah yang telah mengamanahkan keberangkatan nya kepada pihak biro. Dan kekecewaan mungkin saja dapat dihindari apabila sejak awal dalam menawarkan jasa nya, pihak biro tidak hanya memberikan harapan dan janji manis kepada calon jamaah.

Kesalahan mungkin saja tidak bisa dibebankan 100 % kepada biro penyelenggara umroh, namun juga perlu dilihat beberapa faktor ekstern dan intern yang menjadi penyebab gagal berangkat umroh yang perlu diketahui antara lain :

 

  1. Harga Murah Terlalu Murah dan Dibawah Kewajaran

Jika kita amati, akhir – akhir ini banyak sekali penawaran dari biro perjalanan umroh dan haji khusus yang mengiming-imingi calon jamaah untuk berangkat umroh dengan harga yang amat sangat murah dan jauh dibawah kewajaran, sehingga terkesan tidak masuk akal.

Kompetisi yang tinggi antar penyelenggara umroh membuat mereka banyak “membanting” harga. Misalkan saja dengan menyediakan harga paket umroh murah  10-14 juta rupiah. wajarkah?? Mari kita hitung..

Dalam Komponen Penentu Biaya Umroh  salah faktor yang digunakan adalah transportasi udara dan darat atau Maskapai Penerbangan  dan bus. Biaya Transportasi dengan menggunakan pesawat hampir menggunakan 70 % dari alokasi Biaya Umroh.

Harga tiket pesawat  termurah saja untuk UMROH PROMO berkisar antara 11 hingga 15 jutaan untuk perjalanan pulang pergi  Jakrta – Jeddah/Madinah – Jakarta kelas Ekonomi (kurs USD 1 = Rp. 14.000).

 

gagal berangkat umroh

 

Silahkan cek di website masing masing   maskapai penerbangan  untuk memastikan hal tersebut. Atau silahkan menghubungi call canter masing – masing maskapai secara langsung. Teliti sebelum menentukan, sehingga diharapkan calon jamaah umroh tidak mudah tertipu oleh biro penyelenggara umroh abal abal yang selalu mengedepankan janji manis tapi berujung gagal berangkat umroh.

Selain Penerbangan Umroh, akomodasi lain yang dibutuhkan oleh jamaah adalah hotel sebagai tempat beristirahat ditengah kegiatan beribadah di Mekkah Al Mukarramah dan MADINAH AL MUNAWARRAH.  Dari mulai hotel yang Terdekat Dengan Masjid hingga hotel bintang tiga yang berjarak 600 meter hingga 1 kilometer.

Apakah Harga hotel  yang ditawarkan oleh biro sesuai dengan kondisi aktual dan wajar? Mungkin dapat dilakukan pengecekan melalui beberapa websit penyedia pemesanan kamar secara online, baik itu Booking dan Agoda, maupun traveloka untuk mengetahui  perkiraan harga hotel pada tanggal yang dijanjikan biro umroh secara pasti.

Harga harga yang tercantum adalah harga real time, sehingga diharapkan calon jamaah tidak akan tertipu tawaran umroh murah yang berujung gagal berangkat umroh dan dapat memperkirakan berapa biaya “sesungguhnya” yang timbul dari sebuah perjalanan umroh sebenarnya. Apakah harga yang ditawarkan termasuk wajar atau tidak.

 

  1. Terkendala Visa

Tidak selama nya kesalahan gagal berangkat umroh dapat dibebankan kepada biro penyelenggara umroh dan haji khusus. Faktor ekstern yang menjadi kendala antara lain visa yang tak kunjung keluar. Faktor ini dapat saja terjadi karena murni kesalahan biro penyelenggara umroh dan haji khusus. Berubahnya peraturan dari kedutaan saudi  di Indonesia ataupun Kerajaan Saudi itu sendiri.

Kendala visa Umroh memang ada, namun hal ini kecil kemungkinan menjadi faktor kegagalan biro umroh untuk memberangkatkan jamaah nya. Karena hal ini dapat diantisipasi sebelumnya, dan yang pasti tidak hanya menimpa di satu biro saja.

 

  1. Sistem Multi Level Marketing Umroh

Ada beberapa Biro Umroh yang menggunakan sistem Multi Level Marketing  maupun sejenisnya dalam memasarkan produk perjalanan umroh. Dengan iming – iming DP yang rendah dan mengajak beberapa orang dibawahnya sebagai downline dengan cara yang sama.

Pola pikir setiap manusia pasti  berbeda, namun bagi kami sistem semacam ini kurang  bijak, karena cenderung akan merugikan calon jamaah yang ada di level paling bawah. Apalagi umroh juga berkaitan dengan nilai – nilai ibadah dan bukan bisnis duniawi semata, apalagi mereguk keuntungan dengan cara yang dapat saja merugikan level dibawahnya.

Apabila mereka tidak mampu merekrut downline, maka kesempatan untuk gagal berangkat umroh makin terbuka di depan mata.

 

  1. Bukti Tiket dan Itenary Perjalanan

Travel yang jujur dan amanah akan mampu menunjukkan kode booking maupun salinan tiket yang sudah confirmed  dari maskapai penerbangan.  Sehingga calon jamaah umroh dapat dengan mudah melakukan cek tiket di masing – masing website maskapai Penerbangan Umroh dengan menggunakan kode booking.

 

gagal berangkat umroh

 

Salinan tiket setidaknya dapat diperlihatkan  7 hari sebelum waktu keberangkatan yang dijanjikan. Malakukan cek kode booking di website maskapai dengan status confirmed akan memperkecil risiko gagal berangkat umroh. Jika pihak biro tidak dapat menunjukan salinan bukti tiket dan Itenary (jadwal) perjalanan maka besar kemungkinan pihak biro penyelenggara sendiri belum bisa memastikan keberangkatan umroh nya.

 

  1. Berkedok Investasi

 

Banyak sekali tawaran umroh murah yang sebenarnya merupakan investasi “gelap” dengan mengumpulkan dana dari masyarakat secara illegal. Tentu saja berkedok Umroh dan haji khusus. Setidaknya kita dapat melihat kasus Iqra Manajement  Semarang yang menggelapkan dana ribuan jamaah nya hingga mencapai milyaran rupiah karena kerugian dalam berinvestasi.

Sekilas tawaran umroh murah ini cukup menggiurkan ditengah terus melonjaknya harga dollar. Calon jamaah diminta menyetorkan uang  sebesar 10-15 juta rupiah dan dijanjikan akan berangkatkan tahun depan hingga lima tahun. Banyak modus seperti ini, namun  setelah waktu yang dijanjikan tiba, bukan gagal berangkat umroh saja. Sebagai “bonus” investasinya, namun uangpun menguap entah kemana.

Dari kasus tersebut, ternyata memang ada jamaah yang berhasil diberangkatkan, namun menggunakan sistem gali lobang tutup lobang. Sehingga pada akhirnya akan menjadi bom waktu bagi biro abal – abal.

Tidak bosan – bosan Kami menghimbau untuk calon jamaah umroh agar terus berhati hati dalam memilih biro penyelenggara umroh. Bukan bermaksud menakut nakuti seseorang dalam beribadah,  namun inilah kenyataan yang sering kita dengar.