Revitalisasi Armada Penerbangan Umroh

Jika jaman dahulu jamaah umroh dan haji selalu dilayani dengan armada ” tua ”, namun pada zaman sekarang anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Armada penerbangan umroh yang sekarang digunakan pun tak ubah nya dengan armada penerbangan internasional pada umumnya, lengkap dengan failitas Wifi gratis.

 

penerbangan umroh wifi

 

Lengkap dengan fasilitas modern sesuai kebutuhan traveler generasi milenial seperti inflight entertainment dengan system AVOD (Audio Video On Demand) dan fasilitas wifi on board. Fasilitas WiFi di pesawat sejatinya menjadi kebutuhan dasar jamaah umroh yang telah terbiasa dengan gadget. Namun tentu saja Wifi bukanlah salah satu rukun maupun wajib dari sebuah perjalanan ibadah umroh.

Kabar baik nya terdapat setidaknya 7 maskapai dengan rute penerbangan umroh landing Jeddah maupun Bandara Madinah yang menyediakan  layanan WiFi di dalam pesawat. Ada yang berbayar ada pula yang Gratis. Meskipun berada dalam ketinggian jelajah ribuan meter dari atas permukaan, Anda tetap dapat terhubung dengan keluarga di rumah.

Penerbangan umroh selama 9 hingga 12 jam tidak lagi membosankan. Tidak melulu hanya duduk, tidur, dan makan. Tetap dapat terhubung dengan orang tercinta, atau sekedar browsing doa – doa, menambah ilmu seputar pelaksanaan ibadah umroh.

Berikut Buana Nur Iman Wisata rangkum 7 Maskapai Penerbangan Umroh dengan Fasilitas Wifi selama pesawat mengudara, atau biasa disebut dengan on board wifi. Maskapai tersebut adalah :

 

1. Garuda Indonesia

Dahulu Garuda Indonesia dikenal dengan armada nya yang “tua”, meskipun laik terbang. Setidaknya hal ini terlihat sebelum Garuda mengambil langkah berani untuk mengrounded seluruh Armada Boeing 747 – 400 miliknya. Garuda pun mulai berbenah, dengan mengoperasikan armada Boeing 777-300ER serta Airbus A330 untuk rute penerbangan umroh

Tak cuma armada, revitalisasi juga dilakukan pada layanan terhadap seluruh penumpang, tak terkecuali jamaah umroh. Seluruh armada berbadan besar terbaru milik Garuda telah dipasang fasilitas Wifi yang mutakhir. Sistemnya tidak akan menganggu sistem navigasi pesawat, sehingga penerbangan Anda tetap aman.

 

garuda indonesia umroh

Layanan WiFi gratis selama 15 menit di sediakan di semua pesawat Airbus A330. Selanjutnya untuk penumpang di kelas Excecutive dan Ekomnomi dikenakan beban biaya bervariasi. Antara  U$D 5 ( lima dollar amerika) hingga yang tertinggi sebesar USD 21,95 selama durasi penerbangan umroh (maksimal 100 MB).

Pembelian voucher dapat dilakukan melalui kartu kredit.  Saat pesawat mengudara sekalipun anda akan selalu terhubung dengan keluarga tercinta di rumah melalui layanan Garuda Experience .

 

2. Citilink

Citilink rupanya tak mau kalah dengan induk perusahaan nya, Garuda Indonesia. Perlahan namun pasti memasang Wifi di seluruh armada pesawat yang digunakan nya sejak 28 Desember 2018. Ini sejalan dengan komitmen citilink untuk menjadi digital airlines. Wifi gratis Citilink menggunakan teknologi WiFi GX Aviation System, bekerja sama dengan Inmarsat dan Lufthansa Technic.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi calon jamaah umroh kelompok milennials. Mereka yang berusia antara 20 hingga 35 tahun. Nantinya setiap jamaah umroh, termasuk jamaah dari Biro Umroh Semarang dapat menikmati internet gratis sebesar 50 MB diatas ketinggian 10.000 meter.

 

citilink umroh

 

Sebagai informasi tambahan, bahwa untuk musim umroh 1440 / 1441 H Citilink telah membuka rute penerbangan umroh langsung dari beberapa daerah di Indonesia. Rute penerbangan umroh Solo – Jeddah dan Semarang – Jeddah menjadi salah satu bentuk ekspansi citilink. Rute ini dilayanai dengan armada Airbus A320 200 Neo yang beberapa diantaranya sudah dilengkapi dengan wifi gratis citilink 

 

3. Air Asia

10 Tahun berturut – turut memenangkan penghargaan sebagai maskapai berbiaya murah terbaik di dunia (World Best Low-Cost Airlines). Namun bukan berarti Air Asia memangkas seluruh fasilitas kenyamanan demi menghemat biaya. Sebagai maskapai berbiaya hemat, tuntutan kebutuhan dan inovasi pelayanan harus tetap di jalankan.

AirAsia Indonesia bekerja sama dengan Indosat Ooredoo Business bersatu dalam layanan WiFi dan  inflight entertainment  dalam penerbangan. Layanan ini diberi nama ROKKI, dan kini telah tersedia pada sejumlah penerbangan domestik maupun internasional, termasuk penerbangan umroh AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ)

 

airasia umroh

Layanan ROKKI yang dapat diakses langsung dari gadget sehingga memungkinkan para pengguna jasa penerbangan air asia untuk tetap terhubung di mana pun dan kapan pun. Layanan WiFi gratis dalam penerbangan AirAsia Indonesia dapat dipergunakan untuk inflight shop, menonton video, dan chat antar sesama penumpang.

Sementara untuk chat dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, WeChat, LINE, KakaoTalk & Viber bisa diakses oleh para jamaah umroh  dengan harga mulai dari Rp 30.000-an saja.

 

4. Saudi Arabian

Saudia (SV) berbasis di Bandara King Abdul Aziz Jeddah adalah maskapai nasional Arab Saudi. Maskapai ini merupakan bagian dari aliansi SkyTeam, sama seperti Garuda Indonesia. Ia menerbangi ke sekitar 125 kota di berbagai belahan dunia, termasuk rute penerbangan umroh dari Indonesia.

Saudia menerbangkan pesawat berbadan besar yang memiliki konfigurasi dua kabin , yakni Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi. Namun saat ini fasilitas wifi di pesawat Saudi Arabian Airlines hanya terdapat pada armada pesawat Boeing 777 dan Boeing 787, dan Airbus A 330 – 300. Sementara penerbangan umroh menggunakan pesawat Boeing 747 – 400 layanan ini belum tersedia

 

wifi gratis saudia

Para jamaah umroh di semua kelas dapat memanfaatkan akses wifi gratis dengan fasilitas onboard maskapai. Fasilitas wifi gratis diberikan kepada jamaah umroh yang membeli tiket first class dan kelas bisnis. Kedua kelas tersebut menawarkan kapasitas 15MB. Ketentuan ini berlaku juga bagi pemegang member loyalitas AL-FURSAN golden dan silver.

Bagi jamaah umroh yang duduk di bangku kelas ekonomi, Saudia juga menyediakan Paket dapat dibeli sebelum perjalanan, dengan kode yang dikirim langsung melalui email dan ke perangkat seluler, di www.saudia.com.  Harga nya bervariasi antara 4,99 U$D hingga U$D 30 untuk quota 500 MB.

 

5. Emirates

Maskapai asal Uni Emirat Arab ini bermarkas di Bandara Internasional Dubai sekaligus sebagai penghubung penerbangan umroh dari Jakarta dan Denpasar. Maskapai ini selalu menjadi langganan 10 besar maskapai terbaik di dunia ini dan menjadi pemesan terbesar pesawat jumbo jet Airbus A380

Untuk armada penerbangan umroh sendiri Emirates menggunakan armada Boeing 777 – 300 ER yang sudah dilengkapi dengan fasilitas wifi gratis. Di semua kelas penerbangan umroh Emirates memberikan fasilitas 20 MB Wi-Fi gratis. Kira – kira cukup untuk mengakses sosmed dan chating selama dua jam penerbangan.

 

emirates umroh wifi gratis

Jamaah umroh yang duduk di  first class dan bisnis dan juga anggota Emirates Skywards akan mendapatkan wifi gratis tanpa batas selama penerbangan. Sementara untuk biro umroh yang menyediakan kelas ekonomi, fasilitas wifi dapat dibeli dengan harga mulai U$D 9.99 hingga  U$D 15.99 untuk quota hingga 500 MB

 

6. Etihad

From Abu Dhabi to The Wold, demikian bunyi semboyan Maskapai penerbangan asal Timur Tengah ini. Etihad mulai memasangkan wifi di armada Boeing 777, Airbus A330, dan beberapa pesawat berbadan besar miliknya sejak bulan Oktober 2014. Hal ini menjadikan Etihad Airways sebagai maskapai penerbangan umroh  pertama yang memiliki fasilitas wifi. Kini Etihad memiliki jadwal penerbangan umroh dari Jakarta dan Denpasar, via Abu Dhabi

Namun nampaknya etihad sedang benar – benar menghemat biaya dalam pelayanan nya. Dahulu jamaah umroh dan para pelancong internasional di kelas first class diberikan kuota internet gratis selama dua jam pertama. Untuk pemegang tiket Diamond First Class  hanya di berikan kuota untuk menikmati wifi gratis 90 MB saja.

 

paket umroh

 

Bagi jamaah umroh yang duduk di kelas ekonomi paket akses internet yang diberi nama Wi-Fly dapat dibeli mulai harga U$D 4,95 U$D hingga $ 19,95 untuk 180MB.

 

7. Oman Air

Oman Air, maskapai nasional Kesultanan Oman, menjadi maskapai penerbangan pertama di dunia yang menawarkan paket konektivitas lengkap (Mobile OnAir dan Internet OnAir). Berbeda dengan maskapai lain, pada penerbangan umroh dan rute internasional lain, oman air menawarkan konektivitas wi-fi penuh.

Langkah ini akan memberi kesempatan bagi para jamaah umroh baik di kelas Pertama, Bisnis, maupun Ekonomi kesempatan untuk melakukan dan menerima panggilan telepon seluler, SMS, menggunakan email dan internet. Tetap mendapatkan informasi terbaru dengan media jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram dari atas ketinggian jelajah.

Armada Airbus A330 berbadan lebar yang dipergunakan dalam penerbangan umroh milik Oman Air telah dilengkapi dengan tekhnologi Honeywell’s SwiftBroadband (SBB).  Tekhnologi inilah yang mendukung penggunaan telepon seluler dan internet layaknya para jamaah umroh sedang berada di darat.

 

oman air umroh wifi gratis

Layanan wifi gratis Oman Air diberikan untuk para tamu jamaah umroh yang duduk di First Class Cabin selama penerbangan. Sementara untuk jamaah yang duduk di kursi bisnis dan ekonomi, dikenakan biaya antara U$D 5 hingga U$D 30 untuk konektivitas hingga 30 MB

 

Nah itulah 7 Maskapai Penerbangan Umroh dengan Fasilitas Wifi selama pesawat mengudara. Berminat menggunakan armada penerbangan umroh dengan fasilitas  Wifi selama Terbang? Hubungi biro travel umroh anda untuk mendapatkan penawaran paket umroh terbaik Anda.