Kekuatan Jaringan Global

Lokasi Mesin ATM di dekat Masjidil Haram Makkah adahal hal yang sering ditanyakan oleh calon jamaah umroh dan haji. Memang secara kasat mata kita tidak akan menemukan mesin ATM Bank di Indonesia. Tidak terdapat mesin ATM Bank BUMN seperti Mandiri, BNI, BRI, BTN, maupun bank swasta yang ada di Indonesia.

Namun dengan kekuatan jaringan mereka, kita bisa mengambil uang di atm – atm yang telah bekerja sama dengan Bank di Indonesia. Banyak diantara jamaah haji dan umroh yang masih keadaan bingung ketika hendak mengambil uang melewati ATM.

 

ATM dekat Masjidil Haram-umroh

 

Padahal Mesin anjungan tunai Mandiri di Makkah terutama di dekat Masjidil Haram banyak jumlahnya. Sebetulnya ada tidak sedikit tempat ATM Yang Memiliki Logo Master Card atau Visa, kita Bisa temui secara Mudah disitu.

Dalam data yang disajikan oleh Direktorat Haji dan Umroh Kementrian Agama RI menyebutkan bahwa telah terjadi permasalahan terkait para jamaah haji dan umorh yang berasal dari Indonesia jadi korban kejahatan selama beribadah.

Total Jumlah kerugian kejahatan yang harus di derita jamaah yang dilaporkan mencapai Rp 670 juta dan 285 Ribu Riyal. Bisa saja data tersebut merupakan fenomena gunung es. Karena kejahatan yang secara nyata terjadi banyak yang tidak dilaporkan, dan menganggp kejadian tersebut sebagai ujian.

 

Cukup Kartu ATM

Belajar dari kasus tersebut Wajar andai mereka lebih memilih memakai atm di tanah suci. Di samping praktis, alasan  agar kejadian yang tidak diharapkan ketika  jamaah haji dan umroh membawa uang dalam jumlah yang banyak pu dapat di minimalisir.

Perlu diketahui bahwasanya dana yang akan keluar dari mesin ATM di dekat Masjdil Haram Mekkah tidak lagi dalam bentuk pecahan Rupiah. Akan tetapi yang bakal keluar ialah uang berbentuk pecahan Riyal Saudi. Sehingga sangat praktis tidak perlu mencari lokasi money changer.

Nilai kurs nya pun relative bersaing dan langsung di konversi oleh pihak bank  nasional penyedia kartu atm. Tentunya urusan ini lebih mempermudah para jemaah haji dan umroh yang ingin melakukan belanja barang dan oleh – oleh di dekat masjidil haram.

Sebab beberapa toko dan mall di kedua kota suci, Mekkah dan Madinah memang tidak menerima pembayaran, terkecuali dengan memakai pecahan uang riyal. Cara pemakaian ATM nya pun hampir serupa dengan yang biasa kita dipakai di Tanah Air.

Bedanya, opsi bahasa yang dipergunakan. Hanya tersedia pilihan Bahasa Arab dan Inggris. Begitu anda memasukan kartu ATM, akan mendapatkan perintah mengenai pilihan bahasa, Arab atau Inggris. Perlu diketahui bahwa penarikan dari mesin ATM   di dekat Masjidil Haram untuk mayoritas Bank di Indonesia.

Layaknya Bank BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, Danamon, dll dibatasi maksimal 5000 Riyal setiap 24 jam nya. Sehingga ada baiknya jika kebutuhan Anda dan keluarga diatas angka 5000 riyal, maka ada baiknya anda memecah uang tersebut ke beberapa rekening.

 

Lokasi dan Cara Menggunakan nya

Pilih menu withdrawal (penarikan) sampai keluar opsi jumlah yang bakal ditarik di dua ATM yak kami coba, yakni Ar-Rajhi Bank dan Alinma Bank, jumlah opsi penarikan yang tercantum adalah sama, yaitu dimulai dari pecahan 500, 1000, hingga 5000 Riyal sekali penarikan.

Namun tercantum pula pilihan other ammount andai kita hendak melakukan penarikan dalam jumlah yang lain, di luar opsi yang telah ada. Namun dengan kelipatan 100 Riyal, dan tetap pada batas limit penarikan tunai sebesar 5000 riyal setiap hari nya

Di kutip dari website penyelenggara UMROH MURAH , dibawah ini ialah beberapa lokasi tempat mesin ATM  yang Memiliki Logo Visa, Master Card  maupun Mada yang ada di dekat  Masjidil Haram Mekkah. diantaranya

 

  1. Di dalam Hotel Grand Zam – zam atau Abraj Albayt

Abraj Albayt sangat mudah ditemukan, letaknya persis di bawah Jam Raksasa sebagai “mahkota” nya. ATM di tempat ini paling di sarankan, sebab menawarkan lebih dari 10 mesin ATM  dari sekian banyak  bank, diantaranya Al Rajhi, Ar Riyadh Bank, ANB (Arabic National Bank) dll.Lihat dengan jeli, apakah ATM Pada bank  Tersebut dan kartu ATM yang Anda masukkan memiliki Logo Visa atau Master Card.

 

  1. Di depan pintu King Fahd

ATM berada tepat di depan pintu King Fahd, di dekat Bank Al-Rajhi, serta di lantai 1 Gedung Zam-Zam Tower pun ada ATM Center. ATM tersebut memakai dua bahasa pembimbing yakni Bahasa  Arab dan Inggris. Pastikan mesin ATM bank Tersebut juga Memiliki Logo Visa atau Master Card.

 

  1. Hotel Al Safwa Orchid Hotel

Selain tersebut ATM pun dapat ditemukan di depan Hotel Al Safwa Orchid Hotel. Tetapi tidak direkomendasikan sebab terkadang tidak sedikit yang error mesinnya. Beberapa yang terdapat Pastikan ATM Bank-Bank Tersebut Memiliki Logo Visa atau Master Card. Peta Hotel Al Safwa Orchid Hotel klik di sini

 

  1. Millenium Hotel Makkah

Di depan Millenium Hotel Makkah atau yang dahulu dikenal dengan nama Hotel Hilton Mekkah terdapat 2 ATM, dua-duanya dari mesin bank Ar rajhi. Pastikan ATM Bank-Bank Tersebut Memiliki Logo Visa atau Master Card.

 

  1. Hotel Intercontinental Dar At Tauhid Makkah

Di depan Hotel Intercontinental Dar At Tauhid Makkah, ada 1 mesin ATM bank Ar Riyadh. Pastikan ATM Bank-Bank Tersebut Memiliki Logo Visa atau Master Card.

 

 

Kartu Berlogo GPN

 

Penggunaan kartu debit ini berkolaborasi dengan Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, dan Bank Syariah Mandiri. Tujuannya, supaya jamaah tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar. Karena mereka dapat menarik pecahan riyal dan melakukan pembelian barang dengan kartu debit tersebut.

Sementara sejak Mei 2018 Pemerintah secara resmi telah meluncurkan kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Menurut detik, GPN ini adalah suatu sistem yang tujuan nya mempermudah pelayanan masyarakat.

Bagi mereka yang  saat sering atau biasa melakukan transaksi pembayaran non tunai, menggunakan kartu debit di toko atau merchant sudah dapat dilakukan. Dengan sistem GPN ini, maka seluruh proses transaksi non tunai di Indonesia bisa diproses langsung di dalam negeri.

 

Kartu ATM GPN Umroh-haji

 

Anda jamaah umroh dan haji pemegang kartu ATM berlogo GPN harus bersabar terlebih dahulu. Karena kartu berlogo GPN ini baru bisa digunakan di dalam negeri, dan belum bisa digunakan untuk transaksi di luar negeri, termasuk Mesin ATM atau EDC di Arab Saudi.

Solusi nya bagi Anda pemegang kartu debit atau kartu ATM berlogo GPN dapat meminta kartu baru berlogo Visa atau Mastercard di Bank penerbit kartu ATM. Solusi ini kiranya tepat jika dibandingkan Anda harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak guna keperluan uang saku umroh.

Demikian 5 Lokasi ATM di dekat Masjidil Haram Mekkah, semoga mempermudah Anda dan keluarga yang akan melaksanakan ibadah haji dan  haji dan umroh. Langkah ini diharapkan dapat menekan permasalahan kriminal berhubungan uang, seperti halnya  kehilangan, dicuri, atau dirampas.