Sensasi Eropa di Kota Madinah

Bus Tingkat Madinah – Kota Madinah terus berbenah. Kali ini pemerintah provinsi Madinah bekerja sama dengan City Sightseeing Worldwide menyediakan layanan untuk peziarah, turis atau lebih tepatnya bagi jamaah haji dan umroh.

Sekarang jamaah umroh dan haji dapat menikmati bus tingkat pariwisata (Jaulah Siyaihiyah) yang beroperasi di Kota Madinah.

 

Bus Tingkat Madinah - Umroh

 

Keberadaan bus tingkat Madinah setidaknya cukup membantu jamaah umroh backpacker atau umroh Mandiri dalam transportasi ziarah dan city tour seputar kota Madinah.

Kota yang mendapat julukan sebagai Kota Rasulullah ini sekarang mempunyai bus tingkat yang dapat membawa peziarah, pelancong dan tak ketinggalan para jamaah haji dan umroh berkeliling merasakan sensasi sejarah di situs – situs bersejarah serta ikon Kota Madinah.

Warna bus dibuat sangat “eye catching”, perpaduan warna merah dan kuning. Pertama kali melihat penampakan bus ini, team syakira wisata melihat bahwa desain nya mirip dengan bus tingkat wisata di kota – kota besar di Eropa.

Tak mau tertinggal momentum, kami pun Menjajal bus yang baru dikenalkan bulan Juni 2017. Bus ini cocok untuk jamaah umroh backpacker atau umroh madiri tanpa travel.

Jika dahulu mereka harus menyewa kendaraan coaster dan harus berpindah dari satu kendaraan sewa ke kendaraan sewa yang lain, kali ini kegiatan tersebut tak perlu dilakukan.

Siang itu iklim dan cuaca terasa amat  sangat menyengat. Di temperatur digital di dalam bus menunjukkan angka 45 derajat Celsius. Namun dengan tekad bulat untuk berbagi pengalaman kepada calon jamaah umroh dan haji khusus Buana Travel, kami pun pantang mudur.

 

Bus Tingkat Madinah City - Jamaah Umroh

 

Cuaca yang lumayan panas membuat bus ini nyaris sepi penumpang, meskipun sudah dua tahun sejak di luncurkan.

Saat kami menaikinya hanya terdapat lima orang penumpang di lantai  bawah, dan lima penumpang, (dua diantara kami) di lantai  atas bus.

Kami naik bus dari shelter pemberhentian pertama yang terletak persis di depan pintu utama Masjid Nabawi.

 

Indonesi Baguss…

Seperti umumnya layanan bus tingkat wisata di Jakarta dan Semarang, Di sini pun terdapat pos dan halte untuk pembelian tiket. Petugas dengan ramah bakal melayani pengunjung.

Sebagian besar memakai bahasa Arab, tetapi mereka juga sesekali dapat menggunakan bahasa Indonesia, walaupun tentu saja dengan logat arab. “Indonesi baguusss…” Begitu  celetukan si pelayan tiket

Kami duduk di lantai dua, meskipun panas kami memilih duduk di bagian bus  yang terbuka. Walau setelah kepanasan, kami pun berpindah dan memilih duduk di bagian bus ruang yang tertutup dan memiliki sistem pendingin udara.

Sebelum bus berjalan beberapa petugas memberikan headset untuk masing – masing penumpang. Lagi lagi warna headset dibuat senada dengan warna bus, yaitu kombinasi merah dan kuning.

Headset ini tentu saja bukan untuk mendengar musik beat, namun lebih pada upaya  para penumpang dapat mendengarkan dengan baik penjelasan singkat tentang lokasi – lokasi yang nantinya akan disinggahi.

Anda tak bisa bahasa Arab? Tak perlu khawatir Layanan ini terdapat terjemahan dalam delapan bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Prancis, Inggris, Arab, Urdu, Turki, Iran dan Melayu. Headset ini kemudian di tancapkan yang terdapat di setiap baris lokasi tempat duduk.

Perlahan namun pasti Bus pun melaju. Dan karena ini memang bus pariwisata yang tidak sedang mengejar setoran, maka bus melaju dengan halus dan perlahan. Ada 11 destinasi ziarah dan city tour.

Yaitu Masjid Nabawi, Makam Baqi, Al Manakh Square dan Al Salam Gate. Kemudian, perjalanan dilanjutkan menuju Jabal Uhud, Al Noor Mall, Masjid Qiblatain, Lokasi Perang Khandaq atau perang Parit, Masjid Quba, dan Stasiun Kereta Hijaz.

 

Bus Tingkat Madinah Rute- Umroh Backpacker

 

Anda jamaah umroh dan Ingin turun dan menyambangi salah satu destinasi? Di masjid Quba contohnya, jamaah yang sudah berwudhu dari hotel dan ingin turun di masjid tinggal turun saja. Lakukan shalat minimal du’a rakaat, agar Anda mendapatkan pahala setara pahala umroh.

(Baca atukel kami : Masjid Quba)

 

Hop On – Hop Off (Ushúd wa Inzil)

Selesai beribadah di masjid Quba, pengunjung dapat menuju halte bus tingkat madinah yang tersedia. Tunggu bus berikutnya guna melanjutkan perjalanan. Simple khan? Ya, bus ini memakai sistem hp on – hop off (Ushúd wa Inzil).

Artinya, pengunjung dapat turun-naik di tempat yang dilewati. Namun jangan lupa simpan tiket Anda, karena petugas di shelter berikutnya akan menanyakan tiket Anda.

Apabila Anda tidak mau turun atau melihat lokasi dari dalam bus saja, total durasi perjalanan dari shelter pertama dan kembali lagi ke shelter bus tingkat madinah kurang lebih selama 110 menit.

Ada 3 pilihan paket perjalanan bus tingkat ini. Yakni tiket paket yang berlaku selama  24 jam, 48 jam dan 72 jam.

Soal biaya bergantung dari paket diambil. Sebagai contoh untuk paket dengan masa valid tiket selama 24 jam. Satu orang dewasa dikenakan ongkos 80 riyal, anak usia 5  hingga 12 tahun dan pelajar dikenakan ongkos separuhnya, atau 40 riyal.

Sedangkan bagi mereka yang mengajak anggota keluarga yang berjumlah 4 orang (dua dewasa dan dua anak sampai 12 tahun) harga tiket dibanderol 200 riyal.

Sedangkan untuk tiket Paket perjalanan yang valid hingga  48 jam sejak pemberlian untuk dewasa 120 riyal, anak-anak dan pelajar 60 riyal dan borongan satu keluarga atau family sebesar 300 riyal.

Paket 72 jam bisa dibawa pulang dengan uang 150 riyal (dewasa), anak-anak 80 riyal, dan untuk family 360 riyal.

Pembelian Tiket dapat dilakukan secara tunai, kartu debit, maupun kartu kredit berlogo visa atau mastercard. Pembelian nya dapat dilakukan di kios , di mall besar atau di dalam bus. Tiket pun tersedia secara online mapun aplikasi Andoid www.city-sightseeing.com atau www.csmadinah.com

Ya, bus ini merupakan karya dari perusahaan Bus City Sightseeing, pemilik waralaba bus pariwisata City Sightseeing Worldwide yang telah beroperasi di lebih dari 100 lokasi di seluruh dunia. Di Madinah bus ini di gawangi oleh Al Jawlah Tours sebagai operator lokal

 

Jadwal Pemberangkatan

Perjalanan bus tingkat Madinah berlangsung setiap hari sepanjang tahun. Perjalanan pertama setiap waktu tahajjud (jam 04:00 pagi waktu setempat) dan bus terakhir berangkat setelah Pukul 00:00 waktu Madinah.

Bus berangkat masing-masing setiap 30 menit. Bus tingkat ini pun di desain dengan standart internasional yang ramah terhadap pengguna kursi roda.

 

Bus Tingkat Madinah Panduan - Umroh Backpacker

 

Layanan free Wi-Fi tersedia secara Cuma – cuma, atau lebih tepatnya harga tiket sudah termasuk wifi gratis selama perjalanan. Di atas bus Anda tidak diperkenankan makan, namun juga tidak terdapat pedagang yang berjualan makanan asongan diatas Bus.

Jika Anda sedang berada di Kota Suci Madinah Al Munawwarah, apalagi bagi mereka jamaah umroh backpacker atau umroh mandiri tanpa travel. Tambah pengalaman perjalanan ibadah umroh Anda dengan menaiki bus ala wisata di Eropa ini.

Dengan adanya Bus Tingkat Madinah bakal permudah Jamaah Umroh Backpacker. Karena sebelum nya para jamaah umroh backpaker atau umroh mandiri, yang ingin berziarah seputar kota Madinah, harus menggunakan bus atau minibus sewa milik penduduk setempat. Maka sekarang tidak perlu repot mencari mobil sewaan lagi.

 

Semoga Bermanfaat