Kegiatan selain Ibadah yang di Tunggu – tunggu

Berburu emas murah di Kota Madinah kini menjadi salah satu kegiatan yang sepertinya “wajib” dilakukan oleh jamaah Umroh dan Haji dari Indonesia.

Berbelanja oleh – oleh di kebun kurma Madinah, dan berbagai bentuk cinderamata lain nya sudah menjadi kegiatan diluar rutinitas ibadah yang di tunggu – tunggu

Salah satu barang yang paling diburu oleh jamaah adalah perhiasan emas dan batu mulia. Baik berupa emas batangan, cincin, gelang, liontin dan sebagainya.

 

 

Toko Emas Murah Madinah

Madinah adalah kota yang terkenal dengan banyak hal dan emas ada di antara komoditas perdagangan mereka. Saat jamaah umroh maupun haji dari di seluruh dunia, datang ke Madinah mereka sering membeli emas atau perhiasan emas dari Madinah. Harga nya berkisar antara 110 hingga 150 riyal, bergantung pada ukuran, karat dan desain perhiasan emas.

Ada banyak orang yang mengunjungi Madinah untuk membeli emas. Di Madinah, sebagian besar toko emas menjual 21 karat emas dan bukan 22 karat. Sehingga harga emas nya akan berbeda jika perhiasan itu dijual kembali di Indonesia.

Selain itu, biaya pengrajin rendah yang membantu para jamaah memilih perhiasan emas yang dirancang dengan baik, namun dengan harga yang murah. Yang perlu diperhatiakan adalah kadar emas di Madinah sedikit lebih tinggi daripada kadar emas yang dibeli di Jeddah.

 

Model Emas  ini Banyak dicari Jamaah Indonesia

Berdasarkan keterangan dari Abdel Latif seorang Manajer Penjualan Thabit Gold and Jewelry Abu Ali al-Sawaj, Madinah mengakui selama ini pelanggan utama mereka berasal dari Negara Mesir dan Suriah. Namun Tipikal pembeli dari Asia, termasuk Indonesia biasanya membeli perhiasan emas  yang berukuran kecil dengan harga yang murah.

 

Toko Emas Madinah

Tren berburu oleh – oleh perhiasan emas pun dapat dengan mudah dibaca oleh pengusaha warga Arab Saudi. Emas ternyata komoditas yang populer di kalangan jamaah haji dan umroh, terutama para kaum hawa yang membelinya.

Biasanya mereka membelinya  baik dipergunakan oleh diri sendiri, guna oleh-oleh maupun sebagai sarana investasi. Beberapa gerai toko emas murah di kota suci Mekkah dan Madinah dapat dengan mudah di beberapa lokasi di Madinah, antara lain :

  1. Lantai Basement Hotel Mövenpick Madinah

Madinah memang dikenal sebagai penghasil kurma dan tercatat sebagai kota modern dengan hotel dan pusat perbelanjaan megah. Madinah Mövenpick Hotel  adalah salah satunya. Untuk berbelanja emas murah, setidaknya terdapat 5 toko emas murah di dekat Masjid Nabawi. Peta Lokasi

Terletak hanya beberapa langkah dari Masjid Nabawi, hotel bintang lima ini memiliki gerai penjualan perhiasan emas baik di luar hotel maupun di lantai basement hotel Madinah Mövenpick. Harga emas pun bervariasi, bergantung pada kadar, jenis, dan desain model perhiasan itu sendiri

  1. Taiba Arac Suites Mall, Madinah

Menghadap Langsung Masjid Nabawi, Properti Hotel Taiba Arac menawarkan deretan toko dan hotel dengan konsep suites. Taiba Arac Suites yang merupakan salah satu dari 7 HOTEL TERDEKAT DARI MASJID NABAWI juga menawarkan toko suvenir dan toko perhiasan emas di dalam maupun di bagian luar hotel.

Konsep pertokoan ini  menawarkan konsep yang sedikit berbeda dari Madinah Mövenpick Hotel. Toko -toko dan restoran internasional cukup ditempuh dengan berjalan kaki. Harga yang ditawarkan di beberapa toko emas dekat Masjid Nabawi ini cenderung “merakyat” alias lebih murah,

Meskipun dari segi kualitas dan model tidak sebaik apa yang ditawarkan oleh toko yang ada di Madinah Mövenpick Hotel

 

Taiba Arac Suites Madinah

  1. Basement Hotel Elaf Al Majeedi, Madinah

Bagaikan saudara kembar, Kompleks pertokoan yang ada di Taiba Arac Suites Mall, Madinah dan Hotel Elaf Al Majeedi, Madinah terletak berdekatan. Kedua pusat perbelanjaan hotel ini menawarkan harga perhiasan emas yang cenderung seimbang.  Hal ini memberikan banyak pilihan bagi jamaah haji dan umroh dalam memilih toko perhiasan emas murah di dekat Masjid Nabawi Madinah

 

Toko yang Jauh dari Masjid Namun Murah

Selain Ketiga toko tersebut, terdapat beberapa gerai penjualan emas yang mungkin sedikit agak jauh dari Masjid Nabawi. Namun harga yang jauh lebih murah dengan kualitas yang baik patut Anda coba.

Berbeda dengan 3 toko perhiasan emas diatas, pada toko dibawah ini banyak diantaranya yang menjadi rujukan pemberlian emas penduduk asli maupun mukimin di Kota Madinah. Toko – toko tersebut adalah

 

  1. Toko Emas Taiba

Salah satu toko paling terkenal untuk membeli emas di Madinah adalah Toko Emas Taiba yang terletak di Jalan Qiba. Toko Emas cenderung menawarkan desain unik dengan biaya yang wajar. Mereka memiliki berbagai variasi dan harga luar biasa murah jika dibandingkan dengan kualitasnya. Kualitas emas disini sangat dipercaya oleh penduduk Madinah

Namun, satu-satunya masalah dengan Taiba Gold Shop adalah letaknya yang agak jauh dari Masjid Nabawi. Pera jamaah umroh yang menuju kesana harus menggunakan taksi. Lokasi nya di  Qiba Rd, Al Mughaisilah, Medina. Lokasi di Peta Google

  1. Damas Saudi

Orang-orang Madinah jatuh cinta dengan perhiasan yang mereka tawarkan. Perhiasan di sana begitu menarik mereka orang tidak bisa menolak membelinya. Inilah alasannya, Damas Saudi menjadi salah satunya lokasi paling disukai bagi masyarakat Madinah untuk membeli emas.

Toko ini berlokasi di  King Abdullah Rd, Shadhah, Madinah, Agak jauh dari Masjid Nabawi. Untuk menjuju kesana para jamaah umroh di haruskan menggunakan taxi. Jauh nya jarak tempuh berkisar 9 kilometer akan terbayar dengan bagusnya model perhiasan yang mereka tawarkan. Lokasi di Google Maps

 

Toko Emas Madinah

  1. Toko Perhiasan Alotaibi

Toko emas yang dibangun dengan baik, emas berkualitas, desain terbaik, dan staf terlatih membuat Alotaibi salah satu tempat paling direkomendasikan untuk membeli emas di Madinah. Banyak jamaah umroh yang  jatuh cinta dengan profesionalisme staf di sana.

Mereka menawarkan desain yang brilian dan tren terbaru. Walaupun itu terletak agak jauh dari toko-toko emas utama di Masjid Nabawi, tetap saja sayang untuk di lewati. Lokasi toko emas Alotaibi terletak  Qurban, Qurban Street, Medina atau sekitar 10 menit berjalan kaki dari Pintu Masjid Nabawi nomer 37. Lokasi di Peta Google

  1. Toko Perhiasan Masat

Toko ini termasuk salah satu toko perhiasan emas yang cukup  tua di Madinah. Toko ini cukup bagus untuk membeli emas di Madinah.  Toko Perhiasan Masat  Madinah yang telah mendapatkan kepercayaan orang kota local dan jamaah umroh dan haji di seluruh dunia.

Hanya ada satu masalah berkaitan dengan Toko Perhiasan Masat. Terletak jauh dari Masjid Nabawi, bahkan lebih jauh dari Masjid Quba. Para jamaah haji maupun umroh yang ingin berburu emas murah di madinah perlu mengeluarkan ongkos taxi untuk mengunjungi nya.

Lokasi nya Toko Perhiasan Masat di  Al Hadiqah, Madinah, atau sekitar 8 kilometer dari Masjid Nabawi. Lokasi di Google Maps

 

Kecurangan Oleh Oknum Pedagang

Sebagai informasi bagi jamaah haji dan umroh yang harus kami sosialisasikan, Situasi pasar emas di Saudi sangatah bertolak belakang dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika Dahulu emas perhiasan dari Saudi dikenal sebab kualitas dan modelnya.

Namun sekarang, penipuan mulai marak dalam transaksi emas ini. Para pembeli, yang tidak sedikit dari Indonesia tidak dapat membedakan emas 18 karat dan emas 21 karat. Para pembeli yang merupakan jamaah haji maupun umroh mungkin beranggapan semua saudagar di kota suci Madinah ialah pedagang yang jujur.

Padahal tidak sedikit pedagang yang bermain curang disana, walupun masih sangat banyak pedagang yang jujur. Disebutkan penipuan yang banyak terjadi, ialah pencampuran zirkon dengan emas asli melebihi ambang batas yang diperbolehkan.

 

 

Emas Madinah Murah

Kementerian Perdagangan dan Investasi Saudi telah memahat  angka maksimum kandungan zirkon ialah sebesar lima persen. Jika kadarnya lebih tinggi, maka dapat dibilang penipuan.  Para pembeli yang tidak paham dengan bahasa Arab, tidak jarang tidak menanyakan hal rinci seperti ini.

Dari pengalaman tersebut, kami himbau untuk jamaah haji dan umroh dari Indonesia, untuk tetap waspada melakukan pembelian di toko emas Mekkah, Madinah, dan Jeddah.

Ingat, sekali lagi ini ulah oknum yang tentu saja tidak dapat disamaratakan. Teliti sebelum membeli adalah kunci utama mengenali Tempat Berbelanja Perhiasan Emas Murah di Kota Madinah. Membeli Emas di Madinah ialah salah satu pilihan terbaik. Kualitasnya tinggi dan Insya Allah diberkati.