Ada sejak sebelum Rasulullah Hijrah

Kebun Kurma di Timur Masjid Quba Madinah terletak di sudut timur Masjid Quba yang berada selama 5 kilometer dari Masjid Nabawi Madinah tampak suatu hamparan perkebunan kurma yang mempunyai luas areal kira kira 25 hektare. Kebun kurma itu menurut keterangan dari pemiliknya Abdul Rahman Al Harby telah dikelola secara turun-temurun.

 

kebun kurma madinah

 

Bahkan kebun tersebut dipercayai sudah terdapat sebelum nabi hijrah ke Madinah dari Mekkah. Sebagaimana telah kita ketahuai bahwasanya Masjid Quba ialah masjid pertama yang di bangun oleh Nabi Muhammad SAW. Kebun kurma Madinah saat ini seolah menjadi agenda kunjungan “wajib” para jamaah umroh dan haji. Disinilah para jamaah berburu aneka jenis buah korma beserta produk olahan nya, serta tentu saja sebagai arena atau spot foto yang bagus untuk selfie.

Ada ratusan pohon kurma tumbuh di perkebunannya, bahkan ia berani menyebutkan tak kurang dari 1.500 pohon. Seagai pembatas kebun kurma nya, para pemiliknya pun berinisitif membangun “Benteng” berupa  tembok setinggi 3 meter. Tembok ini terampar di jalan utama jalan sebelah timur dari area parkir Masjid Quba. Letaknya cukup 5 menit mengendarai dari masid quba.

Apa bila Anda menggunakan bus ataupun mobil pribadi, maka harus menyusuri jalan kecil beraspal di salah satu kompleks rumah – rumah warga . Di lokasi tersebut berdiri sebuah gubug modern atau bale-bale berbahan besi dan tenda untuk beristirahan pekerja, tamu, sekaligus menyiratkan kesan sebagai lading kurma yang berada di tengah gurun pasir.

Di depan tenda dijajarkan  kursi-kursinya guna menyambut jemaah yang hendak mengetahui keberadaan kebun kurma. Kita dapat bersantai di bawah bungalow simpel dengan atap daun kurma serta kursi besi yang diciptakan melingkar.

 

Pohon Kurma, Terlihat sama Namun Berbeda

Disediakan pula tempat guna bersantai suatu saung berukuran sekutar 8 x 4 meter dengan kursi-kursi lunak untuk memanjakan orang yang datang. Di hadapan kita telah tampak pohon-pohon kurma dari jenis terkenal layaknya si hitam manis yang menyehatkan, kurma ajwa. Jenis lain yang digemari para jamaah haji dan umroh selain kurma ajwa adalah kurma jenis  sekki, dan sukari.

Memang untuk orang yang tidak tahu bagaimana memisahkan jenis pohon kurma, seolah semuanya pohon kurma disini berbentuk sama. Tetapi letak yang dapat membedakan mana pohon kurma ajwa, sekki, atau sokari disaksikan dari format daunnya. Bila disaksikan lebih rinci ternyata benar daun kurma berbeda-beda terdapat yang daunnya rapat dan ada pun yang daunnya tidak terlampau rapat.

 

Kebun Kurma Abu Faisal Madinah

 

“Lihat saja daunnya guna membedakannya, tentu terlihat kurma dari jenis apa,” kata pengelola kebun kurma Abu Faisal Husam bin Hamdan Al Harby,  Tampak sejumlah pohon yang dekat dari lokasi group jamaah BIRO UMROH SEMARANG  berteduh sedang berbuah. Buahnya masih muda dan berwarna merah. Satu pohon dapat menghasilkan 150 hingga 200 kilogram tergantung jenis kurmanya. Khusus kurma ajwa rata-rata satu pohonnya dapat menghasilkan 150 kilogram dalam satu tahunnya.

Kurma seringkali berbuah satu kali dalam satu tahun. Butuh masa-masa enam bulan dari mulai pohon kurma berbunga sampai dapat dipanen. Tidak susah sebetulnya merawat pohon kurma hanya sedikit membutuhkan kesabaran dengan pemberian  pupuk dan sedikit air. Supaya pohon kurma dapat tumbuh baik.

“Perawatannya tidak sulit, lumayan pupuk dan air saja. Memang pohon kurma kecil bisa jadi terserang penyakit,” ungkapnya.  Bila kurma telah mulai menua, seringkali buah-buahnya yang masih sedang di pohon akan dipasang  jejaring. Hal itu dimaksudkan supaya kurma yang telah masak tidak  jatuh ketanah serta menghindari serangan burung.

 

Bulan Ramadhan Saat Panen Raya Kurma

Sang empunya kebun mengungkapkan seringkali pohon kurma dipanen ketika bulan Ramadhan. Tetapi evolusi cuaca yang terjadi di Arab Saudi, pohon kurmanya baru dapat dipanen “molor dari jangkan waktu biasanya, yakni menjelang musim haji tahun ini. “Biasanya bulan ramadhan musim panen kurma telah turun. Tetapi kini semakin mudur sebab musimnya berubah,” katanya.

Meskipun Cuma panen satu kali dalam setahun, yakni pada musim Umroh Ramadhan, eksistensi kurma dapat disimpan lama asal tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Sebab, bila kurma tersengat sinar matahari terlampau lama maka kulit dan buahnya bakal mengeras.

kurma madinah

Di perkebunan itu kebetulan terdapat kurma ajwa yang baru dipanen. Sebelum di-packing, sang empunya sedang menjemur kurma agar lebih tahan lama disimpannya. Setelah dijemur sejumlah saat barulah kurma dimasukkan ke dalam dus-dus dengan dosis 20 kilogram untuk masing-masing dusnya.

Menanam pohon kurma sendiri tebilang mudah. Biasanya kurma yang ditanam berasal dari tunas yang tumbuh di dekat pohon kurma yang telah tua. Kalau dari bijinya paling sulit guna tumbuh, meskipun tumbuh guna berbuahnya pun paling lama. Bila dari tunas yang tingginya telah sekitar satu meter hanya perlu empat hingga lima tahun guna berbuah “Biasanya pohon kurma dapat tumbuh selama 75 tahun,” katanya.

 

Jamaah Indonesia Paling Gemar Memborong

Menilik ke dalam toko yang sedang ramai pengunjung jamaah haji dan umroh di perkebunan tersebut, sekian banyak  jenis kurma telah dijajakan. Kurma ajwa, ambar, Deglet Noor, Mozafati, Sekkeri dibentuk rapih di masing-masing tumpukannya. Pengunjung dapat mencicipi sekian banyak  jenis kurma ditempat itu sebelum menyimpulkan membelinya.

Kurma ajwa masih menjadi primadona. Hal tersebut sebab kurma yang biasa disebut pun kurma nabi ada dalam suatu hadis, “Barangsiapa yang memakan tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka pada hari tersebut ia tidak akan tersentuh racun maupun sihir.” Itulah hadis yang menciptakan kurma ajwa menjadi begitu familiar di belahan dunia mana pun.

Tidak cuma kurma, makanan olahan dari kurma pun terdapat di toko kepunyaan Abdul Rahman Al Harby laksana dodol kurma, kurma isi, serta kurma berbalut coklat. Tak melulu kurma saja, makanan khas Madinah serta oleh-oleh Madinah lainnya laksana minyak zaitun pun terdapat di lokasi tersebut.

 

jasa kirim kurma madinah

 

Tidak perlu cemas bila tidak membawa uang riyal, di toko itu menerima pembayaran dengan memakai uang rupiah dan dollar. Dari lokasi tersebut juga kita dapat langsung mengantarkan belanjaan anda dari tanah suci ke Tanah Air. Menurut pengakuan Husam, jamaah Indonesia memang dikenal gemar membeli kurma dalam jumlah banyak. Tak mengherankan apabila mempekerjakan pelayan toko semua nya berasal dari Indonesia.

 

Manfaat Kurma bagi Kesehatan

Jenis kurma muda dan kurma Ajwa merupakan jenis kurma yang paling bnayak diburu jamaah umroh dan haji Asal Indonesia. Di Kebun Kurma Abu Faisal memang menjual kurma muda atau biasa di sebut dengan kurma muda. Berbeda dengan kurma lain nya, warna kurma muda atau biasa disebut dengan Rutab ini masih berwarna hijau agak kekuningan.

Rasa kurma muda juga tidak terlalu manis, tekstur nya juga lembek, berbeda dengan kurma yang sudah tua atau biasa disebut kurma Tamar. Kurma muda digadang – gadang mampu meningkatkan kesuburan dan keberhasilan dalam program hamil.

Banyak yang percaya jika mengkonsumsi buah kurma yang masih muda (Rutab) bisa cepat hamil. Walaupun sampai saat ini belum ada penelitian maupun dalil yang sahih atas klaim tersebut, walaupun banyak juga yang telah membuktikan nya.

Namun dari beberapa artikel yang kami baca, kurma justru terbukti mempunya manfaat lain. Sebut saja hasil penelitian dari Jordan University of Science and Technology yang menyebutkan bahwa kurma muda justru dapat  melancarkan proses persalinan. Juga manfaat lain yang sayang untuk dilewatkan, antara lain :

 

hadist kurma ajwa

  1. Menstabilkan gula darah

Meskipun berasa manis, namun sejatinya kurma muda mampu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan gula pada Kurma muda jauh lebih sedikit daripada kurma tua. Teksturnya yang berserat membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama. Hingga mencega Anda makan berlebihan yang dapat menaikkan kadar gula dalam darah

  1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada kurma ini sangat baik bagi pencernaan. Tubuh memang membutuhkan makanan yang berserat, sehingga dapat menghindarkan dari penyakit pencernaan seperti diare dan sembelit. Kadar serat yang tinggi juga membantu asupan ideal akan nutrisi dalam tubuh.

  1. Memenuhi kebutuhan cairan

Kurma muda yang dijual di Kebun Kurma di Timur Masjid Quba Madinah adalah kurma segar. Kandungan airnya masih sangat tinggi dan biasanya dijual dalam kemasan box yang telah di bekukan. Kurma muda segar mengandung lebih banyak air dan belum banya melalui proses pengeringan sebagaimana kurma yang banyak dijual di tanah air.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menurut penelitan Kurma mengandung antioksidan dan antimutagenetik yang baik  bagi kekebalan dan daya tahan tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Kurma lebih efektif untuk menangkal serangan radikas bebas. Antioksidan dalam kurma menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit kronis, seperti  kanker dan serangan jantung.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda sedang diet, kandungan serat pada kurma memang tinggi namun memiliki kalori yang rendah. Sangat baik dikonsumsi sebagai camilan sehat. Sangat efektif jika dimasukkan kedalam salah satu menu diet untuk program diet Anda.

 

Apapun manfaat dari kurma secara medis, yang jelas buah kurma yang tumbuh dan di panen dari Kebun Kurma Madinah adalah hasil dari keberkahan do’a Rasulullah SAW atas kota Madinah

Simak keseruan jamaah umroh Buana Nur Iman Wisata di Kebun Kurma Madinah di channel Youtube Buana Travel