Sekilas Mengenal Bandara Adi Soemarmo Solo yang ada di Boyolali

Bandara Adi Soemarmo adalah salah satu Bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura 1 yang terletak di Kota Kabupaten Boyolali, atau sekitar 95 kilometer di sebelah Tenggara Semarang. Bandara Adi Soemarmo kini melayani rute penerbangan umroh dari Solo. Bandara ini merupakan salah satu bandara terbesar yang ada di Jawa Tengah yang mampu menampung pesawat berbadan besar (wide body) sejenis Airbus A330-300.

 

Penerbangan Umroh dari Solo

Meskipun terletak di Kabupaten Boyolali, namun Bandara ini lebih dikenal karena letaknya yang berbatasan Langsung dengan Kota Surakarta (Solo). Bandara Adi Soemarmo Solo sebenarnya adalah Lapangan Udara milik TNI AU. Nama bandara seluas 56 hektar ini diambil dari nama perintis TNI AU, Opsir Muda Udara I (Anumerta) Adi Soemarmo

Bandara yang terletak 11 km sebelah barat Kota Surakarta pada awalnya merupakan lapangan terbang darurat yang dibangun tahun 1940. Pada tanggal 31 Maret 1989, Bandara yang memiliki kode IATA dengan nama SOC ini ditetapkan menjadi Bandara Internasional. Bersamaan dengan pembukaan rute penerbangan Solo – Kuala Lumpur dan Solo Singapore.

Beberapa rute internasional terbang langsung dari bandara ini, diantara nya adalah rute Penerbangan Umroh dari Solo dengan tujuan Bandara Jeddah dan Bandara Madinah. Sejak beberapa tahun terakhir animo calon jamaah umroh di kota Solo, dan Jawa Tengah pada umumnya, sangatlah tinggi.

 

Tidak Perlu Lagi Berpindah Pesawat

Dahulu calon jamaah umroh yang ingin terbang dari Bandara Solo harus transit untuk berpindah pesawat di Kuala Lumpur, Singapore, Surabaya, maupun Jakarta. Namun kini calon jamaah yang ingin menunaikan ibadah umroh dari Solo tidak perlu lagi transit dan berpindah pesawat. Selain karena rute penerbangan menuju Singapore dan Kuala Lumpur telah ditutup, tiga maskapai dalam negeri telah membuka penerbangan umroh langsung dari Bandara Adi Soemarmo Solo

 

Jamaah Umroh Buana Travel Semarang

Sebenarnya rute penerbangan solo Jeddah dan Solo Madinah bukan hal yang baru bagi Bandara Adi Soemarmo. Bandara ini secara rutin melayani penerbangan haji dengan rute yang sama setiap tahun nya. Sehingga para staff dan karyawan disini telah terbiasa menghandle penerbangan Internasional.

Selain menyasar keterisian jamaah umroh dari kota solo sendiri, beberapa jamaah kota lain juga menerbangkan jamaahnya dari Bandara Adi Soemarmo Solo. Sebut saja Biro Umroh Semarang, Karanganyar, Purwodadi, Sragen, Jogja, hingga beberapa daerah di Jawa Timur seperti Madiun dan Nganjuk dan Ngawi. Hal ini memang tidak terlepas dari letak Kota Solo yang di lalui oleh akses jalan tol trans jawa.

 

Pembukaan Rute Penerbangan Solo ke Jeddah

Milestone pembukaan rute penerbangan umroh langsung pertama kali dilakukan oleh Maskapai Garuda Indonesia pada tanggal 3 Mei 2016. Pada tahap awal penerbangan Solo – Jeddah dibuka, secara statistik jumlah belum terlalu signifikan. Namun penerbangan umroh langsung dari Bandara Adi Soemarmo Solo selain membuat jamaah lebih nyaman, juga diyakini mampu mengurangi kepadatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta

Sejak pembukaan penerbangan umroh perdana, pembenahan pun terus dilakukan oleh Angkasa Pura selaku pengelolan Bandara Adi Soemarmo Solo. Salah satunya perubahan terkait proses imigrasi jamaah umroh. Jika dahulu proses imigrasi di lakukan di Banda Aceh sembari isi bahan bakar pesawat, maka sejak 22 Desember 2016 seluruh proses imigrasi dilaksanakan di Bandara Adi Soemarmo Solo.

 

Garuda Solo Jeddah

Peningkatan pelayanan ini pun disambut baik oleh para pelaku bisnis BIRO TRAVEL UMROH. Semakin hari tingkat keterisian pesawat dari waktu ke waktu terus meningkat. Bahkan target keterisian jumlah penumpang (load factor) rute solo Jeddah selalu diatas 85 % dapat terlampui.

Gayung pun bersambut, semakin hari jumlah jamaah penerbangan umroh langsung dari Bandara Adi Soemarmo Solo terus meningkat. Bahkan saat ini tercatat ada tiga maskapai yang melayani Rute penerbangan Umroh Solo tujuan Bandara Jeddah dan Madinah.

 

Maskapai yang Melayani Penerbangan Umroh dari Solo

Saat ini bandara Adi Soemarmo Solo melayani penerbangan umroh langsung, baik rute menuju Bandara King Abdul Aziz di Jeddah maupun Bandara Muhammad bin Abdul Aziz Madinah. Salah satu nilai plus jika jamaah berangkat dari Bandara Adi Soemarmo solo adalah pelayanan yang ramah, cekatan, dan humanis dari para staff Angkasa Pura

Menurut pengalaman kami, Petugas bandara dengan sigap menyambut para jamaah umroh sejak dari lobby hingga mengantarkan masuk ke dalam pesawat. Pelayanan semacam ini tidak ditemukan jika kami memberangkatkan jamaah umroh di Bandara Soekarno Hatta.

Hingga saat ini terdapat tiga maskapai yang melayani penerbangan umroh dari dan menuju Bandara Adi Sumarmo. Jumlah nya ada delapan kali jadwal penerbangan umroh langsung dalam sepekan.

Perlu dicatat, terdapat beberapa maskapai yang harus transit di bandara ketiga untuk refueling (mengisi bahan bakar). Namun demikian jamaah tidak turun maupun berganti  pesawat. Ketiga maskapai penerbangan umroh tersebut adalah

  1. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia benar – benar mencetak tonggak sejarah Penerbangan Umroh dari Solo Menuju Jeddah. Selasa 3 Mei 2016 merupakan hari dimulainya penerbangan umroh Garuda Indonesia rute Solo Jeddah, PP via Banda Aceh. Sebenarnya Bandara Adi Soemarmo di Solo bukan merupakan bandara Baru bagi Garuda Indonesia

Pada penerbangan haji yang  dilayani Garuda Indonesia, embarkasi Solo merupakan terbesar kedua, setelah Jawa Barat. Menurut data Kementerian Agama RI Kantor Jawa Tengah setidaknya ada 95 kloter yang dilayani oleh Garuda. Ada sekitar 200 calon jamaah yang mengajukan Visa Umroh di wilayah Boyolali dan Solo.

 

Penerbangan Umroh Garuda Indonesia

Pada penerbangan perdana rute Solo-Jeddah via Banda Aceh, kapasitas yang terisi hanya 60 persen atau 207 penumpang dari kapasitas sebanyak 345 seat. Untuk rute ini Garuda menggunakan Armada Pesawat Airbus A330 300.

Pemilihan rute dengan transit di Aceh selain untuk mengisi bahan bakar juga berusaha mengakomodir jamaah umroh dari Banda Aceh. Selama kurang lebih dua jam pesawat akan refueling, namun penumpang yang merupakan jamaah umroh tidak perlu turun dan berpindah pesawat. Total durasi penerbangan ini adalah 12 jam dan 45 menit

Tingkat keterisian penerbangan perdana tidak membuat Garuda pesimis akan rute ini. Sejumlah promosi dan edukasi terus di lancarkan, dan hal ini terbukti berhasil. Garuda Indonesia rute  Solo – Jeddah diterbangkan 3 kali seminggu, setiap hari Selasa (GA 972), Kamis dan Sabtu dengan harga tiket mulai Rp. 14.500.000 (kurs 1 U$D = 14.100).

Sukses menerbangan jamaah umroh rute Solo Jeddah pun disambut Garuda Indonesia dengan menuju tujuan Middle East lainnya, yakni ke kota Madinah. Penerbangan Reguler Rute Solo Madinah via Banda Aceh dibuka pada tanggal 16 Januari 2019.

Dibukanya rute penerbangan umroh Solo Madinah sejalan dengan peningkatan permintaan  pasar jamaah Umroh dari Solo dan Sekitarnya.  Penerbangan Solo  Madinah PP via Banda Aceh dengan nomor penerbangan GA 968 dilayani satu kali dalam seminggu.

Penerbangan umroh rute Solo Maddinah pada Hari Rabu dengan menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body) Jenis Airbus A 330 – 330E berkapasitas 360 penumpang all economy class

 

  1. Lion Air

Semakin tingginya Potensi jamaah umroh di area Solo, Semarang dan sekitarnya memang harus diimbnagi dengan ketersediaan armada penerbangan umroh. Setelah sebelumnya Garuda dengan layanan full service nya, kini giliran maskapai berbiaya rendah Lion Air mengikuti jejak pendahulunya.

Sejak bulan Oktober 2017 lion air terus menerus melebarkan sayapnya dengan membuka penerbangan umroh dari dan menuju Jeddah maupun Madinah. Rute Solo Jeddah dan Solo Madinah merupakan salah satu dari 12 kota di Indonesia yang dilayani penerbangan umroh Lion Air

 

Lion Air Solo Jeddah

Penerbangan umroh Lion Air tujuan Solo Jeddah menggunakan armada pesawat jenis Airbus A330 – 300 berkapasitas 440 jamaah all economy class. Sementara untuk rute Solo Madinah sebelumnya menggunakan armada Boeing 737 Max 8, sebelum akhirnya digantikan oleh Boeing 737 – 900 ER berkapasitas 215 jamaah.

Terkadang Lion Air juga menggunakan yang lebih kecil, jenis Boeing 737-800 NG yang memiliki konfigurasi kelas tunggal dan mampu menampung sebanyak 189 jamaah. Namun jika permintaan sedang tinggi, armada Airbus A330 – 300 pun di luncurkan untuk rute Solo Madinah

Penerbangan dengan menggunakan pesawat Boeing 737 – 900 ER dan Boeing 737-800 NG akan transit di Trivandum, India, guna keperluan pengisian bahan bakar. Selama kurang lebih 45 menit, namun jamaah tidak perlu turun dari armada.

Maskapai Lion Air melayani penerbangan dari Solo ke Jeddah seminggu dua kali tiap Senin dan Sabtu. Sementara untuk rute Solo Madinah juga di terbangkan setiap hari Sabtu dan Minggu.

Tetapi untuk rute ini masih berupa penerbangan charter dan musiman. Jadi ketika musim haji, penerbangan umroh ini ditiadakan. Harga yang ditawarkan pun cukup hemat, berkisar antara 12 juta hingga 12,7 juta (bergantung rute, Kurs 1 U$D = Rp 14.100)

 

  1. Citilink

Berita terbaru Penerbangan Umroh dari Solo tujuan Jeddah datang dari Maskapai Berbiaya Rendah LCC. Anak usaha dari Garuda Indonesia membuka segment penerbangan umroh untuk jamaah umroh menengah kebawah.

Diharapkan dengan penggunaan maskapai berbiaya rendah, semua komponen penentu biaya umroh dapat ditekan. Sehingga masyarakat dari berbagai kelas dapat merasakan nikmatnya beribadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Penerbangan umroh citilink solo jeddah

Selama ini wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta market pasarnya adalah kalangan menengah ke bawah. Konsekuensinya harus diberikan harga paket umroh yang kompetitif. Penerbangan umroh perdana maskapai Citilink sukses dilakukan pada hari Kamis 18 April 2019 kemarin.

Citilink menggunakan pesawat tipe A320 Neo terbaru dengan kapasitas  180 tempat duduk. Rencana nya Penerbangan Umroh dari Solo tujuan Jeddah akan dilayani tiga kali dalam satu pekan. Yakni setiap hari Selasa, Kamis dan Minggu. Harga yang ditawarkan pun sangat menarik, berkisar 11 juta an (Kurs 1 U$D = Rp 14.100).

Penerbangan umroh citilink merupakan penerbangan reguler berjadwal, bukan penerbangan chartered. Tiketnya dapat dengan mudah di temukan di Online Travel Agent. Dan jika beruntung bisa medapatkan harga promo dibawah 10 juta untuk perjalanan Solo Jeddah, PP

Pembukaan rute penerbangan rute terbaru Citilink dari Solo ke Jeddah secara mendadak ini sangat disayangkan oleh beberapa travel umroh. Karena biasanya mereka merencanakan paket perjalanan ibadah umroh sekitar empat bulan sebelumnya.

Pesawat Airbus A320 Neo sendiri adalah pesawat jet berbadan sempit (Narrow Body) terbaru keluaran pabrikan Airbus.  Pesawat ini biasanya dijadikan sebagai pesawat komersial jarak dekat sampai menengah.

Sebagai konsekuensi dari pesawat jet berbadan sempit yang terbang lintas negara, pesawat Citilink harus berhenti untuk refueling dalam Penerbangan Umroh dari Solo ke Jeddah. Pesawat akan berhenti di Bandar Udara Internasional Rajiv Gandhi, atau dikenal sebagai Hyderabad International Airport (Kode Iata : HYD) di India.

Citilink Solo Jeddah

Pesawat akan berhenti selama kurang lebih 55 menit untuk mengisi bahan bakar, namun demikian seluruh jamaah umroh tidak turun.