Perjalanan ibadah Umroh dan haji menjadi cita-cita hampir semua umat Islam di dunia. Menginjakkan kaki di Tanah Suci, menjalankan perintah Allah SWT, dan melakukan ritual ibadah di sana tentu sangat dinantikan oleh segenap umat Islam. Apalagi, melaksanakan Umroh Ramadhan.

Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat ganda hingga 100.000 kali lipat, Sungguh luar biasa. Umroh tersebut dapat dilakukan di awal, di tengah, atau di akhir Ramadhan.

 

umroh ramadhan

 

 

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Selain beberapa hal yang telah disebutkan, bulan suci ini memiliki banyak keistimewaan dibanding bulan – bulan lain karena banyak peristiwa penting yang terjadi di bulan ini. Berikut adalah beberapa keistimewaan bulan suci ini. Pertama, pada bulan suci ini Al Quran diturunkan yang sering disebut peristiwa Nuzulul Quran.

Tidak mengherankan kalau selama bulan suci ini, begitu banyak orang berusaha untuk mengkhatamkan bacaannya bagaimanapun sibuknya ia dengan urusan dunianya. Tidak jarang banyak juga instansi yang mengurangi waktu bekarja bagi para karyawannya untuk memberikan sedikit keleluasaan bagi karyawan-karyawannya itu menikmati indahnya beribadah di bulan nan suci.

Dengan berpuasa memang kadang mempengaruhi kegiatan. Apalagi kalau kegiatan itu terkait dengan energi yang dibutuhkan. Namun, bagi orang-orang beriman, kegiatan mereka selama bulan suci ini tak harus berkurang. Malah kegiatan itu semakin bertambah. Semua itu tentunya tidak mengurangi makna puasa bahkan puasa bukan satu halangan untuk terus berkarya.

 

Peristiwa dalam Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah satu-satunya bulan yang disebutkan dalam Al quran pada surat Al-Baqarah ayat 185. Inilah bukti betapa istimewanya bulan nan suci ini. Puasa itu untuk Allah SWT. Tidak ada satu orang pun yang tahu apakah seseorang itu berpuasa dengan benar atau tidak.

Hanya Allah SWT yang mengetahui apakah seseorang itu benar-benar berpuasa dengan baik atau tidak. Oleh karena itulah, puasa ini memang untuk Allah SWT. Berpura – pura puasa itu sangat mudah dilakukan. Tidak harus menjadi baligh atau dewasa dahulu untuk mampu berpura-pura puasa. Anak kecil saja sangat mudah melakukan nya.

Rasululah SAW memenangi Perang Badar pada bulan ini dan terjadinya peristiwa penaklukkan Mekah atau Fath Mekah. Selain itu, ada satu malam di bulan suci ini yang lebih baik dari seribu bulan atau kurang lebih 83 tahun yang dinamai Lailatul Qadar.

 

lailatul qadr

 

Setiap orang yang tahu tentang keutamaan malam ini, pasti akan beribadah sebaik mungkin dan sebanyak mungkin karena tidak ada yang bisa menjamin apakah tahun depan ia akan bisa bertemu dengan malam nan dahsyat itu atau tidak.

Sesuatu yang sangat menguntungkan ketika bisa beribadah dan menabung pahala pada malam seribu bulan itu. Berbagai cara dilakukan orang untuk bisa mendapatkan malam yang sangat menguntungkan itu.

Belum tentu bisa hidup hingga 83 tahun dalam keadaan sehat dan tetap dalam keimanan yang tinggi. Sedangkan ibadah pada malam itu dihadiahi seperti ibadah selama 83 tahun. Betapa beruntungnya orang-orang yang bisa mendapatkannya.

 

Lailatul Qadar

Allah SWT Maha Adil. Malam seribu malam itu tersembunyi di antara malam-malam terakhir sehingga semua umat Islam berusaha melakukan ibadah sebaik mungkin pada malam – malam terakhir itu. Mereka meninggalkan semua kenikmatan dunia demi mendapatkan pahala berlimpah itu. Bukankah anak dan dunia itu adalah cobaan.

Bila waktu masih tersisa maka masih bisa bersama dengan anak-anak dan istri tetapi kalau waktu hidup tak bersisa, betapa ruginya tak mendapatkan Lailutul Qadar itu.

Pada bulan suci ini terjadi perintah diwajibkannya puasa yang tertuang dalam surat Al-Baqarah ayat 183. Pengangkatan Muhammad sebagai Rasul Allah juga terjadi pada bulan ini. Bulan yang dilimpahi pahala sangat tinggi merupakan bulan ketika pintu surga terbuka dan tertutupnya pintu neraka meskipun hal ini hanya bermakna kiasan atau tidak sebenarnya.

Seseorang yang penuh kesungguhan dan ikhlas menjalani puasa akan diberikan pengampunan atas segala dosanya. Indahnya dan nikmatnya beribadah di bulan suci ini sangat dinantikan oleh semua orang, Hanya orang-orang yang tak ada iman di hatinya yang tak merasakan keindahan dan kenikmatan rasa lapar dan dahaga serta kenikmatan beribadah lebih banyak daripada biasanya.

 

Ibadah Umroh Ramadhan

Umroh Ramadhan sangat dianjurkan karena Umroh adalah ibadah yang disukai Rasulullah. Beliau berbondong-bondong dengan para sahabat berUmroh di bulan Ramadhan. Selain itu, bulan Ramadhan mengandung banyak keistimewaan, di antaranya terdapat malam Lailatul Qadar, malam yang nilainya lebih dari 1000 bulan.

 

Umroh Ramadhan Nikmatnya

 

Ramadhan adalah waktu yang sangat bagus. Kita bisa memohon ampunan atas segala dosa yang dilakukan selama ini. Apalagi, suasana kota Mekkah dan Madinah sendiri terkondisikan untuk beribadah sehingga kita dapat beribadah lebih khusyuk sepanjang hari.

Pada waktu Ramadhan di tanah suci, kita dapat lebih fokus hanya beribadah kepada Allah SWT. Padahal, tantangannya lebih berat karena cuaca di kota Mekkah dan Madinah saat Ramadhan biasanya sedang panas-panasnya. Tenggorokan akan terasa lebih kering dan lapar lebih terasa. Namun, tekad kuat membuat kita yakin dan ikhlas menjalankan ibadah puasa. Subhanallah.

Beratnya beribadah puasa dan umroh di Bulan Ramadhan menag akan sangat terasa, namun tidak bagi bagi mereka yang memiliki keimanan yang kuat. Tak mengherankan apabila Rasulullah SAW dalam sebuah hadist memberikan ganjaran yang setimpal bagi mereka yang melaksanakan umroh di bulan Ramadhan

 

Pelaksanaan Umroh Ramadhan

Kita berangkat ke masjid sebelum waktu salat maghrib tiba hingga menunaikan salat isya dan tarawih berjamaah di sana. Kita dapat tadarus Al Quran dan beritikaf hingga waktu sahur tiba. Makan sahur beramai-ramai di masjid dan shalat malam. Pagi hari, kita bisa kembali ke hotel untuk beristirahat dan shalat dhuha. Kemudian, kembali lagi ke masjid waktu salat dhuhur dan ashar. Tidak lupa pula bersedekah dengan ikhlas.

Ada kebiasaan baik di kota Mekkah dan Madinah saat Ramadhan. Yaitu, persediaan makanan untuk buka puasa melimpah ruah. Para dermawan menyumbangkan makanan dan minuman untuk orang-orang yang berpuasa. Masjid Nabawi di Madinah dan Masjidil Haram di Mekkah akan penuh dengan makanan sumbangan dermawan. Bak pesta perjamuan raja, Para jemaah dapat menikmatinya secara gratis.

 

Umroh Ramadhan iftar

 

Tidak hanya itu, di jalan-jalan, para dermawan berebut membuka lapak menjelang maghrib tiba. Bukan untuk berjualan, melainkan untuk meletakkan sumbangan makanan dan minuman bagi orang-orang yang berpuasa.

Tersedia kurma, roti, nasi kebuli, kari, susu, dan banyak lagi hidangan menggiurkan menanti kita. Mereka betul-betul senang saat kita mampir dan menyantap hidangan mereka saat buka puasa tiba. Suasana Ramadhan yang menentramkan batin. Tidak heran, setiap Ramadhan tiba tercatat 25.000 orang jemaah dari Indonesia berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah Umroh Ramadhan.

Tak mengherankan apabila banyak biro travel umroh yang berbondong – bondong membuka Paket Umroh Ramadhan karena tinggi nya minat beribadah. Banyak pula jamaah dari BIRO UMROH SEMARANG yang mengajak serta keluarga, untuk menikmati suasana sambil beribadah Ramadhan di dua Kota Suci ini